Pages

Minggu, 21 Maret 2010

WiMAX vs 3G

Definisi

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access), merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar.
3G (Third-Generation Technology). Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless). 3G juga berguna untuk menelepon, tetapi dengan 3G, penelepon dan penerima bisa saling bertatap muka.

Keunggulan

WiMAX :
1. WiMAX dapat beroperasi pada spektrum yang lebih lebar yaitu dari 1.25 MHz hingga 20 MHz
2. spektrum frekuensi yang lebih lebar, daerah coverage WiMAX per BTS bisa lebih lebar dan dengan sinyal yang lebih kuat bila dibandingkan dengan 3G.
3. WiMAX dengan sistem MIMO (multiple input multiple output) bisa mentransfer data hingga 14Mbps.
3G : Dapat memberikan kecepatan akses:
• Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat.
• Sebesar 384 Kbps untuk kondisi bergerak.
• Paling sedikit sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik atau pengguna stasioner.
Aplikasi
WiMAX : Pengembangan WiMAX berada dalam range kemampuan yang cukup lebar. Fixed WiMAX pada prinsipnya dikembangkan dari sistem WiFi. Mobile WiMAX dikembangkan untuk dapat mengimbangi teknologi selular seperti GSM, CDMA 2000 maupun 3G. Mobile WiMAX terdapat pada konfigurasi sistem yang jauh lebih sederhana serta kemampuan pengiriman data yang lebih tinggi. Oleh karena itu sistem WiMAX sangat mungkin dan mudah diselenggarakan oleh operator baru atau pun service provider skala kecil.
3G : Layanan seperti download music dan akses Internet sangat digemari. Operator seperti NTT Docomo (Jepang) memberikan layanan Chaku Uta untuk download music. Sedangkan di Korea, layanan web presence seperti Cyworld yang diberikan oleh SK Tel, sangat digemari. Dengan layanan ini, pelanggan bisa mengambil foto dari handset dan langsung memuatnya ke web portal miliknya di Cyworld. Layanan ini kemudian ditiru oleh Flickr dengan handset N73. Keragaman layanan konten. Docomo dan SKTel tidak menggunakan WAP standar sebagai layanan konten nya. Docomo mengembangkan aplikasi browser yang disebut iMode, sedangkan SKTel mempunyai June dan Nate.

Kesimpulan:
1. WiMAX sangat cocok digunakan untuk pelanggan dengan tingkat mobilitas yang rendah namun kebutuhan bandwidthnya tinggi.
2. 3G fokus pada pelanggan dengan tingkat kebutuhan mobilitas tinggi sedangkan kebutuhan bandwidthnya lebih rendah.
3. Dari sisi time to market 3G mendahului dibanding dengan WiMAX.


DOWNLOAD MATERI

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/3G
http://id.wikipedia.org/wiki/Wimax
http://www.zimbio.com/member/herusutomo/articles/q6GZjrgzfbt/Keunggulan+3G
http://harmiprasetyo.wordpress.com/2006/10/06/wimax-vs-3g/
http://www.teknopreneur.com/content/3g-vs-wimax
http://cakranet.com/index.php?option=com_content&task=view&id=4&Itemid=9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar