Pages

Minggu, 28 Maret 2010

ANDROID


Setelah iPhone 3GS yang masuk ke Indonesia, sekarang giliran Android yang menapaki ranah ponsel pintar. Tidak tanggung-tanggung, melalui Indosat, Android akan hadir dengan 6 buah handset pilihan. Mereka adalah HTC Hero, Motorola Milestones, Samsung Galaxy Spica, Huawei U8230, LG GW620, dan Sony Ericsson Xperia X10. Ini juga merupakan peluncuran X10 pertama kali di dunia! Peluncuran ponsel berbasis Android ini didukung sepenuhnya oleh pihak Google, dengan dibukanya layanan Android Market di Indonesia.

Apa sih Android itu?
ANDROID merupakan platform open source yang beroperasi dengan linux kernel, keluaran Google dengan bekerja sama dengan pembuat ponsel besar di dunia yang diharapkan dapat menjadi sistem operasi yang dapat diaplikasikan dalam ponsel masa depan. Ponsel pintar yang berbasis Android pertama G1 yang diluncurkan Google. Awal mulanya Android adalah perusahaan milik Rubin dan kemudian pihak Google membelinya. Software Android akhirnya dikembangkan menjadi berbasis Google. Untuk mengembangkan software ini di dalam ponsel, Google bekerjasama dengan produsen dari Samsung, HTC, Motorola dan LG. Android market menerima aplikasi apapun tanpa terkecuali, berbeda dengan iPhone yang tidak menerima berbagai program karena bersaing dengan aplikasi buatanya sendiri.

Fitur-Fitur yang ada pada Android

1.Application framework memungkinkan untuk di gunakan kembali.
2.Dalvik virtual machine dioptimalkan untuk telepon genggam.
3.Integrated browser berdasarkan open source WebKit engine.
4.Optimized graphics 2D grafis dan 3D grafis dengan OpenGL ES 1.0.
5.SQLite untuk database yang teratur.
6.Media support untuk jenis-jenis file video dan musik yang umum (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF).
7. GSM.
8. Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi.
9. Kamera, GPS, Kompas dan accelerometer.

Kelebihan ANDROID
  • Open Source, developer aplikasi tidak perlu membayar untuk membuat aplikasi.
  • Didukung oleh Google, sehingga pengguna tersinkronisasi langsung dengan Google Account kita seperti Gmail, Google Contact, Google Calendar dan youtube.
  • Vendor lebih rajin mengeluarkan handset karena mereka tidak perlu bayar ijin pemakaian.
  • Pengguna tidak perlu bayar untuk men-donwnload dan meng-install aplikasi di Android.
  • Pemakaiannya relatif lebih user friendly.
  • Teknologi layar sentuh capasitive (hanya bisa dipakai dengan jari tangan, tidak bisa pakai Stylus).
  • Stabil, tidak mudah hang.
  • Aman terhadap virus.
  • Aplikasi game 3D berjalan lancar ini dikarenakan virtual Java machine Dalvik yang dipakai Android mantap dalam memanage memory didukung pula Linux (kernel 2.6).
  • Konektifitas lengkap dari Bluetooth, WIFI dan GPS yang berguna untuk multiplayer game hingga aplikasi Social Networking Service.
  • Aplikasi bisnis ada di Android kecuali aplikasi Microsoft Office.
  • Harga yang relatif lebih murah dibanding dengan iPhone.
Kekurangan ANDROID

  • Karena masih baru, maka belum banyak aplikasi yg tersedia untuk android, namun tidak menutup kemungkinan bakal bertambah banyak mengingat Android adalah OS open source.
  • Hampir semua aplikasi bisa didapat gratis, dan dapat diunduh melalui fasilitas Android Market dan blog-blog pribadi.
  • Bagi orang yg belum pernah memakainya mungkin akan sedikit membingungkan
  • ponsel Android kurang nyaman jika dipakai untuk telepon.
  • Masih sedikit yg memakai OS ini.
  • Android masih mampu sedikit mengimbangi Wndows Mobile untuk terintegrasi dengan Exchange (outlook) server tanpa hambatan.


Kelebihan yang bersifat mendasar yang banyak dimiliki OS Android ini diyakini akan menggerus pasar windows mobile, iPhone, dan bahkan Blackberry.

Sebagai sistem operasi baru, Android juga disinyalir lebih aman termasuk jika dibandingkan BlackBerry dan Windows Mobile. Berbagai sistem operasi terdahulu terbukti memiliki celah keamanan yang bisa dimanfaatkan penjahat dunia maya untuk meretasnya. Windows Mobile dan Symbian sebagai pemimpin pasar sistem operasi ponsel, telah banyak menuai virus dan malware. Windows Mobile banyak terkena virus karena mereka adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini
Dengan bergulirnya Android, banyak kalangan menunggu apakah sistem operasi ini memiliki celah keamanan yang bisa digunakan untuk tujuan jahat. Secara teori, sistem operasi apapun berpotensi terkena virus asalkan beberapa persyaratan mendasar terpenuhi.
Pertama adanya aplikasi pihak ketiga yang banyak ditawarkan oleh pengembang independen, kedua ada bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan dipahami oleh orang lain, dan ketiga pangsa pasarnya harus besar. Jika syarat tersebut belum terpenuhi maka akan relatif sulit untuk menembus Android.
Menurut Spesialisasi Anti Virus Alfons Tanujaya, ”Android dalam satu-dua tahun ini, tidak akan ada gangguan virus dan relatif aman namun harus tetap juga dilihat perkembangannya apakah mampu menyaingi Symbian atau BlackBerry bahkan jika mungkin Windows. BlackBerry dan iPhone sejauh ini tercatat lebih aman dari virus, namun potensinya tetap ada. Tapi dalam level sistem operasi sama halnya dengan Symbian dan Windows maka Android sejauh ini relatif lebih aman. Simpati psikologis Android dengan open-sourcenya akan memiliki dampak lebih baik juga bagi para pembuat virus dan pengguna. sistem open-source seperti pada Android memiliki kelebihan. Sifatnya yang terbuka dan dapat dikembangkan komunitas IT sehingga penjagaan Android akan lebih besar daripada sistem operasi lainnya.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/G1
http://henponku.com/berita/android-lebih-aman-dari-blackberry-dan-windows-mobile/
http://nitnotmobilephone.blogspot.com/2010/02/android-saatnya-open-source-dalam.html
http://blog.fring.com/indonesia/?tag=android

1 komentar: